Apa Itu Seo : Pengertian – Peran – Kegunaan – Tujuan – Manfaat – Cara – Dan Jenis SEO

Apa itu seo ? Seo adalah Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat “SEO” adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Sebelum pembahasan lebih lanjut ada baiknya anda juga membaca artikel tentang ” Apa Itu Website

Pengertian SEO

Untuk mengetahui kegunaan SEO, kita harus memahami pengertiannya terlebih dahulu. SEO merupakan singkatan dari search engine optimization atau jika dalam bahasa Indonesia berarti optimisasi mesin pencari.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, mesin pencari (search engine) adalah program komputer untuk menemukan jawaban atas suatu kueri dalam kumpulan informasi yang terdaftar di web.

Contoh mesin pencari yang sering digunakan adalah Google, Yahoo, dan Microsoft Bing. Menurut P. Kent dalam buku Search Engine Optimization for Dummies (2006) menyebutkan SEO adalah teknik untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan di mesin pencari (search engine) sesuai dengan kata kunci yang terkandung dalam halaman website.

search engine optimazion
apa itu seo

Dwi Budi Santoso dalam jurnal Pemanfaatan Teknologi Search Engine Optimazion sebagai Media untuk Meningkatkan Popularitas Blog wordpress (2009) mengatakan bahwa SEO merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan memlaui mesin pencari menuju situs website tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut seperti yang dilansir situs wikipedia.org dan detik.com

Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

BACA JUGA : Ide Bisnis 2020 Terbaru

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa seo bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Kegunaan SEO

Kegunaan SEO Kegunaan SEO adalah agar suatu website atau blog muncul di bagian teratas, atau minimal di halaman pertama ketika suatu kata kunci diketikkan dalam mesin pencari. Misalnya, ketika mencari sesuatu melalui Google. Kata kunci baik berupa suatu kata atau kalimat diketikkan di Google. Google lalu akan menampilkan daftar website yang memuat kata kunci tersebut.

Google akan menampilkan semua website atau blog yang mengandung kata kunci tersebut. Namun, website pada halaman pertama adalah website yang bisa mengoptimalkan kata kunci tersebut melalui SEO. Dan website pada daftar teratas adalah website yang paling optimal dalam kata kunci tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Digital Marketing

Misalkan kamu mengetikkan kata kunci “kenapa flamingo berwarna pink?” di Google. Google kemudian akan menampilkan daftar website yang mengandung kata kunci tersebut pada halaman pertama. Jika terus ditelusuri, Google memberikan lebih dari sepuluh halaman daftar website yang mengandung kata kunci tersebut.

apa itu seo
tips seo

Namun, orang cenderung akan memiliki website teratas di halaman pertama untuk dikunjungi. Sehingga website tersebut akan lebih sering dikunjungi dibandingkan dengan website lainnya. Kebalikannya, jika suatu website ada di halaman ke dua atau lebih, orang cenderung tidak mengunjungi website tersebut.

SEO digunakan website murah surabaya untuk berada di daftar teratas pencarian mesin pencari, agar pembaca mengunjungi website mereka. Semakin sering suatu website muncul di halaman teratas mesin pencari, maka akan semakin banyak pengguna internet yang membuka website tersebut. Begitulah cara kerja SEO untuk meningkatkan traffic atau kunjungan pengguna internet pada suatu website atau blog.

Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa sih tetap harus menerapkan SEO website ? Padahal kan bisa promosi situs lewat channel marketing lainnya. Misalnya memasang link website di bio Instagram, memakai fitur swipe up, dan sebagainya.

BACA JUGA : Manfaat Website Untuk Bisnis
BACA JUGA : Cara Menambah Followers Instagram

Nah, perlu Anda ketahui, sebagian besar traffic—terutama website bisnis—itu datangnya dari mesin pencarian. Mau apapun bidang industrinya: teknologi, fesyen, kesehatan, dan sebagainya.

1. Memudahkan Audiens Menemukan Website

SEO adalah strategi jitu untuk memudahkan target audiens menemukan website Anda. 

Alasannya, search engine optimization memungkinkan situs Anda nangkring di halaman pertama Google. Posisi ini jelas berpengaruh terhadap traffic. Mengingat, 75% orang malas scrolling ke halaman kedua dan seterusnya.

Ibaratnya seperti membuka kulkas yang penuh berisi kaleng minuman. Pasti, Anda lebih memilih mengambil kaleng di barisan paling depan daripada repot-repot merogoh ke ujung rak, bukan?

2. Menjaring Target Audiens yang Tepat

Tak hanya membantu audiens menemukan website, SEO Google juga memungkinkan Anda menjaring target audiens yang tepat.

Alasannya, Anda bisa membidik kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam menelusuri keyword tertentu. 

Misalnya, search intent website Anda adalah mengedukasi audiens terkait informasi tertentu. Sebagai pebisnis skin care yang sudah riset, Anda tahu target audiens lagi penasaran dengan Niacinamide.

Alhasil, Anda membuat konten blog seputar manfaat Niacinamide, sekaligus menginfokan bahwa brand Anda mengandung zat tersebut. Dengan menerapkan teknik SEO, konten ini tentunya berpotensi ditemukan oleh target audiens Anda lewat Google.

Ditambah lagi algoritma Google mengutamakan pengalaman pencarian yang unik.

Artinya, algoritma Google akan menentukan rekomendasi konten yang muncul pada halaman pencarian ikut mempertimbangkan karakteristik audiens. Mulai dari lokasinya, histori penelusuran, dan sebagainya.

Artinya, dengan menerapkan search engine optimization, konten-konten website Anda akan lebih berpotensi tampil ke audiens yang Anda targetkan. Alhasil, peluang traffic dan konversi pun meningkat.

3. Membangun Brand Awareness

Cara paling simpel yang bisa orang lakukan untuk menemukan produk yang mereka inginkan yaitu: mencari info di Google.

Bahkan menurut ReviewTrackers, 63% orang lebih memilih mencari produk di Google dibandingkan situs review lainnya.

Itu artinya, Google memanglah tempat strategis untuk memperkenalkan suatu produk atau membangun brand awareness.

Eh konten website saya udah ada yang muncul di halaman pertama Google tapi kok brand saya tetap kurang populer ya?

Nah, manfaat SEO memang tidak datang secara instan. Kira-kira, calon pelanggan baru percaya dan tertarik dengan brand Anda setelah 3-5 kali menemukan konten yang Anda buat.

Jadi semakin sering website Anda tampil di halaman pertama Google untuk kata kunci yang relevan, makin besar pula brand awareness yang Anda dapatkan.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Search engine optimization adalah investasi jangka panjang. Sebab, SEO Google mampu memperbesar kesempatan bisnis. Apalagi, hasil pencarian yang relevan bisa mempengaruhi 39% keputusan calon pembeli. 

Dengan membangun traffic secara alami, posisi situs di Google lebih kuat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Lain halnya dengan PPC yang jika Anda berhenti membayar, traffic langsung terjun bebas ke 0. Pasalnya, situs Anda akan segera tersingkir dari ranking atas.

Itulah sebabnya meski SEO dan SEM sama-sama berpotensi mengeluarkan uang, kami tetap merekomendasikan Anda mengoptimasi SEO website.

5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Manfaat SEO berikutnya, meningkatkan penjualan dan konversi.

Nyatanya, 75% pengusaha juga berpendapat bahwa SEO menghasilkan lebih banyak pelanggan daripada trik marketing lainnya. Bahkan, tingkat konversinya mencapai 14,6%.

Alasannya, SEO mampu menjangkau target audiens lebih luas dengan lebih efektif. Beda dengan trik marketing lain. Media sosial misalnya, yang hanya mampu menyasar pengguna apps terkait (Instagram, YouTube, dll).

Apalagi pengguna Google jauh lebih banyak daripada platform lainnya, yaitu sekitar 4,39 miliar pengguna internet.

Itu artinya,  semakin mudah konten website ditemukan di Google, semakin besar peluangnya untuk menarik traffic. Apalagi, kalau konten Anda muncul berulang kali ketika audiens memasukkan berbagai keyword.

Dan bukan sembarang audiens, traffic yang datang bisa Anda olah menjadi banyak hal. Yang tadinya baru calon pelanggan potensial, hingga menjadi pelanggan sungguhan.

6. Membangun Top-of-Mind Brand

Top-of-mind brand adalah brand yang pelanggan ingat pertama kali saat memikirkan kategori produk. Misalnya, kalau ngomongin air mineral, sebagian besar orang akan menyebut Aqua.

Nah ternyata, top-of-mind brand ini bisa Anda bangun lewat SEO, lho.

Seperti yang Anda tahu, SEO adalah investasi jangka panjang. Saat web Anda sudah berhasil menguasai halaman pertama Google, situs Anda akan memiliki akar yang lebih kuat sehingga tidak mudah tergeser.

Karena kredibilitas website sudah mulai terbukti, konten-konten website Anda yang lain pun lebih mudah mendapat kepercayaan dari Google.

Apalagi, Anda sudah punya traffic dan Google juga suka merekomendasikan kembali situs yang pernah audiens kunjungi sebelumnya.

Dengan begitu, audiens pun tidak akan mudah lupa dengan Anda. Soalnya, konten Anda nongol terus di hasil pencarian mereka meski dengan kata kunci yang berbeda.

Dan kalau Anda berhasil menguasai halaman pertama Google, calon pelanggan sudah malas melirik toko tetangga. Di pikiran mereka, yang bagus ya yang berhasil ranking teratas di Google.

Selain itu, website bisnis yang berada di peringkat teratas biasanya menyediakan informasi yang lengkap. Tak heran, audiens menganggap bisnis Anda selalu menyediakan informasi hingga produk yang mereka butuhkan. Alhasil, top-of-mind awareness audiens pun makin terbentuk.

Sekarang, pasti Anda makin tertarik belajar SEO. Nah sebelum terjun lebih jauh, sebaiknya Anda pahami dulu jenis-jenis SEO dan pilih mana yang ingin Anda fokuskan terlebih dahulu.

Jenis SEO

Saya sendiri pada awalnya juga kurang tertarik dengan SEO itu sendiri, tapi setelah beberapa kali saya melihat postingan di blog yang lain tentang bagaimana cara suatu blog berada di hasil pencarian teratas mesin pencari.

Di postingan tersebut sering sekali disebut-sebut SEO, berawal dari situlah saya mulai sedikit demi sedikit mempelajari SEO. Walaupun sampai saat ini saya juga belum mengerti secara terperinci apa SEO itu dan bagaimana cara penerapannya secara detail.

Tapi dari sedikit yang saya tahu SEO itu terbagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Sedangakan teknik-teknik dalam melakukan SEO antara lain:

  1. Black Hat SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara yang licik yaitu dengan melakukan Link Farming, Keyword Stuffing, Cloaking Page doorway page, Invisible Text, Iteration Title.
  2. White Hat SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara yang benar dan positif yang direkomendasikan oleh mesin pencari. Contoh : Mencari backlink dari situs atau blog sejenis, Optimasi konten, Penempatan kata kunci yang tepat, Pengoptimalan Meta Tag.
  3. Gray Hat SEO: Teknik yang merupakan gabungan dari Black Hat SEO dan White Hat SEO. Contoh: Cloaking, Membeli link, Duplikat konten.

Dari definisi SEO diatas maka dapat diketahui apa fungsi dan tujuannya:

  1. Menaikan page ranking sebuah website agar selalu terindek pada search engine sehingga dapat ditampilkan dihalaman utama.
  2. Mendatangkan trafik / pengunjung ke website melalui search engine.
  3. Membantu meningkatkan pencapain target penjualan melalui rekomendasi web.
  4. meminimalkan biaya pemasaran online.
Apa itu seo
Jenis seo

Tujuan SEO

Berbicara tentang tujuan SEO, tentu anda sudah tahu tujuannya jika sudah membaca pengertian dari SEO itu sendiri. yaitu, bertujuan untuk membanjiri kunjungan ke blog/web karena menduduki peringkat pertama/teratas search engine. logikanya, pengguna mesin pencari akan memilih hasil pencariannya yang terdekat (halaman pertama), jarang sekali mereka melanjutkan untuk melihat hasil di halaman selanjutnya.

Manfaat SEO

  1. Dengan cara optimasi seo yang baik, web/blog anda akan menduduki peringkat pertama google.
  2. Jika anda seorang Internet Marketing, bisnis anda sangat berpeluang meraih kesuksesan.
  3. Bila pengunjung yang datang ke sebuah web/blog sudah banyak, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap potensi penghasilan dari web/ blog tersebut.

BACA JUGA : JASA WEBSITE SURABAYA

Peran SEO Untuk Website

Salah satu tujuan utama dari kegiatan content marketing, adalah meningkatkan popularitas brand terkait di dunia maya, sehingga bisa menjaring banyak orang untuk mengunjungi website atau saluran digital yang digunakan brand.
Untuk itu, salah satu cara ampuhnya adalah tampil optimal di mesin pencari, atau bisa disebut search engine optimization (SEO).

Jika optimal, konten yang kita buat dan sajikan lebih mudah dan besar peluangnya untuk terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Efeknya, masyarakat lebih mudah menemukan konten dari brand melalui kata atau frasa kunci tertentu yang mereka cari di Google. Dan untuk bisa optimal dari sisi SEO, ada baiknya kita mengenal dulu cara kerjanya.

Menurut Search Engine Watch, mesin pencari melakukan pekerjaan terbaiknya dengan merujuk pengguna pada sumber konten yang paling relevan terkait keywords tertentu. Hal-hal yang dipertimbangkan oleh algoritma mesin pencari dari sumber konten adalah:

  • Konten: Mesin pencari mendeteksi kualitas konten dari temanya, kualitas tekstual, judul, deskripsi, dan kaitannya serta relevansinya dengan keywords tertentu.
  • Performa: Seberapa cepat situs si sumber konten? Apakah secara teknis memiliki performa baik?
  • Otoritas: Apakah sumber konten memiliki konten yang cukup secara kuantitas, dan juga kualitas tinggi hingga layak dijadikan rujukan oleh sumber konten lainnya.
  • User Experience: Bagaimana tampilannya? Apakah situs terkait memiliki navigasi yang mudah digunakan? Atau sumber konten terkait memiliki bounce rate tinggi?

Setelah mengetahui pertimbangan mesin pencari untuk menentukan sumber konten terkait keywords tertentu, kita jadi tahu apa yang kira-kira mesti menjadi fokus kita untuk optimal secara SEO. Untuk panduan, berikut beberapa hal yang bisa langsung dilakukan:

SEO itu soal keyword

Sebelum membuat konten, salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah melakukan riset kata atau frasa kunci yang ingin disasar. Karena, bagaimanapun, keywords merupakan salah satu hal yang menjadi indikator mesin pencari mengidentifikasi apakah sebuah konten relevan atau tidak, di mesin pencari.

Biasanya, terkait hal ini, dianjurkan untuk menggunakan keywords yang diperkirakan sering digunakan oleh sasaran audiens saat mencari informasi tertentu. Untuk bisa menentukan keywords yang tepat, bisa mengecek caranya pada penulis artikel Tips Menentukan Keyword untuk Meningkatkan Traffic Website.

Setelah itu, beberapa aspek yang perlu untuk disisipkan keyword antara lain: Judul, deskripsi artikel, konten, gambar dan alt text, serta pada tautan konten (URL). Dengan begitu, mesin pencari akan lebih mudah saat melakukan indeks pada konten yang dibuat, dan berpeluang lebih besar ditemukan terkait keywords tertentu.

Sajikan konten yang relevan

Hal yang paling penting agar konten mendapatkan perhatian dari mesin pencari adalah memastikan kualitas konten yang disajikan. Karena, kualitas konten lah yang menarik minat masyarakat untuk mengonsumsinya, sehingga tak hanya meningkatkan arus pengunjung, tapi juga kepercayaan publik terhadap konten yang kita buat. Otomatis, otoritas dan relevansi sumber konten pun jadi kuat.

BACA JUGA : Cara Menambah Followers Instagram
BACA JUGA : Jasa SEO Surabaya

Meski di atas disebutkan kalau keywords itu penting, namun arahkan fokus utama pada kualitas konten; jangan malah membanjiri konten dengan kata atau frasa tertentu. Cukup setidaknya satu kali di awal, dan satu kali di akhir konten. Karena terlalu banyak juga bisa membuat konten masuk kategori spam.

Maka itu, jangan paksakan keywords masuk ke dalam konten, sebanyak-banyaknya. Utamakan kualitas konten, perkuat ciri khas kita dalam memandang persoalan atau topik tertentu. Karena prioritas konten kita tetap audiens yang disasar, bukan mesin pencari.

Perbarui konten secara reguler

Konsistensi juga penting dalam hal ini. Memperbarui channel dengan konten secara reguler juga jadi indikator bagus untuk menentukan relevansi si sumber konten. Dengan begitu juga, situs kita jadi fresh dan selalu menampilkan konten baru untuk audiens yang disasar, juga membuat mereka jadi punya lebih banyak alasan untuk kembali lagi.

Masukkan tautan pada informasi yang diambil dari sumber lain

Merujuk pada sumber orisinal dari informasi yang kita gunakan dari konten membuat saluran konten kita masuk lebih dalam ke jejaring informasi dunia maya. Dan dibandingkan menulik “klik di sini”, lebih baik kita tuliskan nama atau judul laman destinasi yang dituju, dan berikan tautan pada kata atau kalimat tersebut (biasanya disebut anchor text).

Alasannya, hal itu bisa meningkatkan relevansi konten yang kita suguhkan, karena besar kemungkinan judul atau kata-kata terkait sumber itu juga mengandung keywords tertentu yang punya nilai di mata mesin pencari.

Jadi, SEO memang punya peran penting untuk brand yang melakukan pemasaran lewat berbagai konten. Selain membuat konten yang kita sajikan lebih mudah ditemukan sasaran audiens, ke depannya, hasil indeks mesin pencari juga punya potensi untuk menarik arus pengunjung organik yang lebih besar. Harapannya, sekian banyak pengunjung itu terkonversi menjadi konsumen produk yang kita tawarkan.

Bagi anda yang ingin membuat website murah berkualitas premium bisa untuk ke website murah surabaya

Referensi artikel :

https://websitemurahsurabaya.com/apa-itu-seo/

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/06/070000269/apa-kegunaan-seo-

https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide?hl=id

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/

https://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari

2 komentar pada “Apa Itu Seo : Pengertian – Peran – Kegunaan – Tujuan – Manfaat – Cara – Dan Jenis SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.